24 Tempat Terindah Di Lombok yang wajib anda Kunjungi -->

Header Menu

24 Tempat Terindah Di Lombok yang wajib anda Kunjungi

Mungkin selama ini yang Anda ketahui hanyalah Kepulauan Gili yang menyerupai kepingan surga, atau Gunung Rinjani – sebuah gunung berapi aktif yang sangat menantang untuk didaki. Tahukah Anda di Lombok ada sebuah pantai yang menyerupai planet asing dan pantai dengan pasir berwarna pink alias merah jambu?

24 Tempat Terindah Di Lombok yang wajib anda Kunjungi

Kalau ingin mencari tempat liburan favorit lain selain Bali, maka Lombok adalah sebuah destinasi tak terduga yang layak untuk diperhitungkan.

1. Pulau tak berpenghuni nan eksotis: Gili Kedis

Pernah menyaksikan film Cast Away yang berkisah tentang pria yang terdampar di sebuah pulau seorang diri? Anda bisa merasakannya langsung di Gili Kedis, pulau kecil tak berpenghuni yang terletak di pesisir barat daya Pulau Lombok ini.

1-1-Gili-Kedis-by-tubagusedo

Photo via tubagusedo

Dibandingkan dengan Gili Trawangan, Gili Meno atau Gili Air, pulau yang satu ini tak terlalu populer. Oleh karena itu pengunjungnya pun belum terlalu banyak, sehingga rasanya seperti berada di pulau pribadi!

1-2-gili-kedis-2-via-lisa_indrijani

Photo via lisa_indrijani

Karena ukurannya cukup kecil (mungkin luasnya  tak lebih dari lapangan sepakbola), Anda hanya butuh waktu selama 10 menit saja untuk mengelilinginya. Makanya warga lokal menyebutnya Gili Kedis atau “Pulau burung pipit”.

1-3-gili-kedis-2-via-zilmizola

Photo via zilmizola

Meskipun mungil, namun pulau yang ditumbuhi beberapa tanaman peneduh ini memiliki pemandangan yang amat menawan dan alami. Pasirnya begitu putih dengan formasi batu karang yang begitu unik layaknya kanal-kanal dengan air yang amat jernih. Anda akan dengan mudah melihat ikan-ikan kecil berenang di sekitarnya.

1-4-gili-kedis-by-zilmizola

Photo via zilmizola

Suasananya yang romantis sangat cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu dengan pasangan di pulau pribadi sambil menyaksikan sunrise atau sunset nan eksotis. Wajar saja kalau Gili Kedis juga dijuluki Honeymoon Island.

1-4-Gili-Kedis-by-enveranza

Photo via enveranza

Gili Kedis

Lokasi: Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat.
Tiket Masuk: Gratis
Cara ke Sana: Untuk mengunjungi Gili Kedis kita harus berkendara dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam dari pusat Kota Mataram atau dari Bandara Internasional Lombok, Praya ke Pelabuhan Tawun. Dari Tawun lanjutkan menyebrang dengan menyewa perahu –  biayanya kurang lebih Rp200.000,- untuk 1 boat PP. Alternatif lainnya adalah menyewa perahu dari Perkampungan nelayan di samping Pelabuhan Lembar dengan harga Rp300.000,-/perahu PP. Koordinat di sini.


2. Hamparan padang savanna di pinggir tebing: Lingkoq Datu, Pantai Penyisok

Anda pasti akan bertanya-tanya apakah tempat seindah ini benar-benar ada di Indonesia?

2-1-Lingkoq-Datu-by-zoeraa_

Photo via zoeraa

Perpaduan hamparan padang savana yang membentang hijau, birunya Samudera Hindia yang tak terbatas, serta tebing karang yang berlapis-lapis berwarna keemasan membuat Anda seolah-olah sedang berada di benua lain!

Surga tersembunyi ini bisa Anda temukan di Kecamatan Jerowaru yang terkenal akan sejuta pesona wisata nan memukau.

2-2-Lingkoq-Datu-by-Lombok-Travel-Buddy

Photo via Lombok Travel Buddy

Untuk menuju ke sini Anda harus melalui ladang jagung dan bebatuan terjal. Namun semua usaha tersebut langsung terbayar lunas begitu melihat kemegahan alam yang ada di baliknya.

2-3-Lingkoq-datu-via-yundybhakti,-helloreinz

Photo via yundybhakti, helloreinz

Karena sulit dicapai, tempat ini masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, sehingga kondisinya masih tergolong perawan. Untuk menuju ke sini sebaiknya menggunakan sepeda motor dan jangan ragu untuk bertanya kepada warga setempat.

Lingkoq Datu, Pantai Penyisok

Lokasi: Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Koordinat di sini.

3. Keindahan panorama Gunung Rinjani dan hamparan sawah dari atas bukit: Bukit Pergasingan

Bisa jadi ini adalah pemandangan paling spektakuler yang akan Anda temukan di Lombok.

Photo via eben_m.zain_

Petak-petak sawah dan kebun-kebun warga yang berwarna-warni dan dikelilingi deretan pegunungan tinggi, ditambah langit biru yang membentang amat sangat menyejukkan mata.

Photo via iand_azhar

Dari tempat yang kini telah menjadi taman wisata alam ini Anda bahkan dapat melihat kemegahan Gunung Rinjani.

Berdiri di ketinggian 1.670 meter di atas permukaan laut atau sekitar 673 meter dari dataran Sembalun, Bukit Pergasingan  bisa didaki selama 2 – 2,5 jam dan sering dijadikan tempat latihan sebelum mendaki Gunung Rinjani.

Photo via bebaspergi

Bahkan sekarang bukit ini telah dimanfaatkan sebagai lokasi berbagai aktivitas menantang, seperti paralayang, sepeda gunung, dan lain sebagainya.

Photo via imed.cgz_

Kami sarankan Anda untuk sempatkan diri bermalam dan mendirikan tenda di sini supaya bisa menangkap panorama sunrise nan indah yang muncul dari balik Gunung Rinjani.

Bukit Pergasingan

Lokasi: Desa Sembalun, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur
Recommended guide: http://cdc-sembalun.orgCara ke Sana: Dari Kota Mataram menuju Sembalun dibutuhkan waktu tempuh 4-5 jam. Dari Sembalun menuju kawasan wisata alam Bukit Pergasingan, Anda bisa menggunakan mobil atau motor. Lalu pendakian pun dimulai. Koordinat di siniTiket Masuk: Rp10.000,-

4. Serasa berada di planet lain: Pantai Semeti

Pernah menonton film Superman? Ya, suasana di sekitar pantai ini mirip sekilas mirip sekali dengan Planet Krypton?

Photo via ClimaMgta

Photo via wan_thelone, idanurlaili91

Formasi bebatuan dan karang di sekelilingnya meruncing dan berlapis-lapis layaknya dinding kristal yang terdapat di Panet Krypton. Itulah mengapa pantai ini juga dijuluki Pantai Krypton.

Photo via Abu Ihsan al Atsary

Bahkan ada beberapa formasi karang yang bentuknya menyerupai piramida yang mencuat dari permukaan air laut.

Photo via wonderfullombok

Jalur menuju ke sini cukup terjal dan berliku, jadi kenakanlah alas kaki anti selip, karena Anda juga harus melewati tebing karang setinggi 20 meter.

Dan di balik tebing karang itulah fenomena alam Pantai Semeti yang lain daripada yang lain berada.

Pantai Semeti

Lokasi: Desa Mekar Sari, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah
Cara ke Sana: Perjalanan dari Kota Mataram hingga ke Pantai Semeti memakan waktu 2,5 jam. Disarankan bila ke sini menggunakan motor saja, karena meski jalanan pantai bagus namun cukup sempit dan dapat menghambat waktu. Dari pos pembayaran retribusi tiket masuk ke kawasan pantai, ikuti jalurnya sepanjang 1 km kemudian ambil arah kiri menuju ke Pantai Semeti dan kanan jika ingin ke Pantai Mawi.  Koordinat di sini.
Tiket Masuk: Rp5.000,-

5. Bertandang ke beberapa air terjun tercantik di Lombok

Di balik pesonanya, biasanya air terjun menyimpan kisah dan mitos tersendiri yang membuatnya tambah memikat.

Untungnya, Anda tak perlu jauh-jauh terbang ke Hawaii atau Afrika untuk berburu air terjun yang spektakuler. Di Indonesia, khususnya Lombok, Anda bisa menemukan beberapa di antaranya.

5-a. Bak mahakarya seni alami: Air Terjun Mangku Sakti

Ibarat pahatan indah karya maestro ternama, struktur dan formasi bebatuan yang ada di air terjun ini benar-benar mengesankan.

Photo via Dominiquediyose

Formasi unik menyerupai ngarai tersebut terbentuk secara alami akibat aliran air yang terus-menerus melewatinya.


Air yang berhulu di Danau Segara Anak (Gunung Rinjani) tersebut tampak sedikit keruh seperti susu karena kandungan belerang yang diyakini ampuh menyembuhkan berbagai gangguan kulit.

mangku-sakti-2-via-simaun_

Photo via simaun_

Air Terjun Mangku Sakti

Lokasi: Dusun Sajang, Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur
Cara ke Sana: Air terjun ini berjarak kurang lebih 175 km dari Kota Mataram dengan waktu tempuh sekitar 4 jam melalui rute Mataram – Pusuk atau sepanjang Jalan Pantai Senggigi – Pemenang – Tanjung – Gondang – Selengan – Batu Gembung – Desa Senaru – Dasan Grisak – Desa Sambiq Elen – Sajang. Setibanya di Desa Sajang, Anda akan menemukan jalan tanag sekitar 4 km menuju air terjun. Pada titik tertentu jalanannya sangat terjal sehingga cukup meningkatkan adrenalin. Koordinat di sini.
Tiket Masuk: Rp5.000,-

5-b. Tirai air nan indah: Air Terjun Benang Kelambu

Sesuai namanya, air terjun ini memang unik dan lain daripada air terjun lain umum Anda jumpai. Aliran air yang jatuh dari ketinggian tebing tidak langsung terhempas ke bawah, melainkan melewati celah-celah tanaman merambat yang tumbuh lebat di tebing sehingga tampak bagai kelambu atau tirai yang menggantung di udara.

Photo via fakruljamil

Jalan menuju air terjun ini memang sudah beraspal, namun sayang kondisinya kurang bagus. Sepanjang perjalanan Anda akan melalui jalan pedesaan yang sedikit berliku dan naik turun dengan hamparan sawah di kiri kanan.

Photo via Prince Dastan

Sebelum tiba di lokasi air terjun yang airnya bersumber dari Danau Segara Anak, Gunung Rinjani ini Anda bakal memasuki kawasan perkebunan kopi dan coklat dengan udara pegunungan yang sejuk.

Photo via amelianalar

Photo via lembahputih

Konon, menurut cerita yang diyakini warga setempat, jika mandi di air terjun ini Anda bisa terbebas dari segala macam penyakit dan juga awet muda!

Puas dari sini, jangan langsung pulang. Anda bisa mampir sejenak ke Air Terjun Benang Stokel yang berjarak 500 meter atau sekitar 30 menit perjalanan.

Air Terjun Benang Kelambu

Lokasi: Desa Aik Bukaq, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah
Cara ke Sana: Air terjun ini terletak sekitar 32 kilometer dari Kota Mataram atau sejam perjalanan. Anda bisa menempuh jalur Mataram – Narmada – Sedau – Pancor Dau – Teratak – Desa Aik Berik. Jangan ragu untuk bertanya pada warga setempat mengenai lokasinya, karena hanya ada satu tanda jalan menuju Air Terjun Benang Kelambu. Atau Anda juga bisa menanyakan pada petugas hotel atau agen perjalanan. Koordinat di sini.
Tiket Masuk: Rp5.000,-

5-c. Permata di tengah hutan: Air Terjun Tiu Kelep

Untuk menemukan hal yang indah-indah biasanya perlu perjuangan, begitupun dengan air terjun yang letaknya cukup terpencil dan tersembunyi ini.

Photo via pagandance.de

Jika ingin berkunjung ke Air Terjun Tiu Kelep, setidaknya Anda perlu meluangkan waktu ekstra karena jaraknya sekitar 3 jam dari Kota Mataram.

Photo via Wayan-Premananda

Untuk mencapai air terjun setinggi 45 meter ini Anda harus melewati hutan lebat berisi pohon-pohon besar. Oleh sebab itu, amat disarankan untuk menggunakan jasa pemandu lokal agar tak tersesat.

Photo via azerilrazak

Dalam perjalanan, Anda akan menaiki tangga dan juga jembatan beton di atas tebing tinggi yang begitu mendebarkan. Awas, perhatikan langkah saat menyeberanginya, karena pegangan hanya ada di satu sisi dan dipenuhi lumut yang licin!

Kolam di dasar air terjun ini sangat jernih dan begitu dingin. Sangat menggoda untuk direnangi. Konon, sama seperti Air Terjun Benang Kelambu, mandi di sini juga bisa bikin awet muda.

Air Terjun Tiu Kelep

Lokasi: Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara
Cara ke Sana: Berjarak kurang lebih 60 km dari Kota Mataram, untuk menuju ke Desa Senaru diperlukan waktu sekitar 2 hingga 3 jam dengan kendaraan roda empat dari.  Ada dua rute yang bisa ditempuh untuk mencapainya, pertama melalui Pusuk dan kedua melalui Pantai Senggigi.  Tidak ada kendaraan umum yang menuju langsung ke lokasi ini, oleh sebab itu para pengunjung biasanya menyewa kendaraan di rental-rental mobil atau motor yang banyak ditemukan di pusat kota (Mataram atau Cakranegara). Koordinat di sini.
Tiket Masuk: Rp5.000,-

6. Terjangan ombak yang menantang: Tanjung Poki

Jangan terlalu terpana oleh ombak besar yang bisa menghanyutkan ini.

Photo via rosishelmi

Meskipun asik mengagumi keindahan alam di sekitar Tanjung Poki, Anda tetap harus waspada akan hempasan ombak yang begitu besar. Bahkan saking besarnya, hempasan yang dihasilkan bisa mencapai ketinggan 10 meter ke udara!

Photo by Loetfi

Kondisi yang sedemikian ini otomatis membuat perairan di kawasan ini tidak aman untuk direnangi. Tapi Anda masih bisa menikmatinya dengan cara lain kok: memancing! Ya, rupanya ini adalah salah satu spot favorit para penggemar memancing. Malah sampai diadakan kompetisi mingguan segala.

Photo via DiskiEdinya

Di sekeliling pantai ini juga terdapat tebing-tebing karang yang seru untuk foto-foto.

Tonton deh video dari Loetfi ini, mendebarkan!

Video by Loetfi

Tanjung Poki

Lokasi: Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur
Cara ke Sana: Dari Kota Mataram jaraknya sekitar 75-80 km dengan waktu tempuh selama 2 – 2,5 jam. Rutenya yaitu: Mataram – Praya – Mujur – Ganti – Jerowaru – Desa Sekaroh. Trek menuju Tanjung Poki ini hanya bisa dilalui oleh sepeda motor dengan medan berbatu yang cukup menantang. Koordinat di sini.

7. ‘Air terjun’ di tepi laut: Pantai Nambung

Fenomena alam yang cukup unik ini tercipta akibat ombak besar yang menghempas ke dinding batu karang lalu mengucur jatuh kembali ke laut layaknya air terjun.

Photo via: top-instagram-nita.fransiska2

Untuk mendapatkan hasil foto yang terbaik, Anda harus menyusuri bagian bawah tebing. Jadi bersiaplah untuk membawa tas kedap air karena Anda akan berjalan melewati ombak besar.

Photo via: twitter-LL_Herry

Kalau tertarik ingin berselancar, jangan lupa untuk bawa sendiri perlengkapannya karena di sini tak tersedia penyewaan. Perairan di sekitar pantai ini juga sangat jernih sehingga asik untuk berenang.

Tapi ingat, di sini belum ada fasilitas penunjang seperti toilet umum.

Saksikan video di bawah ini!

Pantai Nambung

Lokasi: Dusun Pengantap, Desa Buwun Emas, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat
Cara ke Sana: Dari Kota Mataram bisa dicapai ditempuh dalam waktu 2 jam perjalanan melalui rute Mataram – Gerung – Pertigaan Lembar ke kiri – Teluk Sepi – Pengantap. Akses sepanjang jalan sudah sangat baik dan diaspal. Setibanya di Pantai Nambung, Anda dapat menitipkan kendaraan di rumah-rumah penduduk yang menyediakan lokasi parkir yang aman. Untuk menuju ke sini tidak terlalu sulit, namun jika ragu Anda dapat bertanya pada warga sekitar. Koordinat di sini.
Info Tambahan

8. Memandangi samudera dari atas perbukitan hijau: Taman Wisata Alam Gunung Tunak

Photo via Yeyet

Di atas bukit-bukit hijau yang masih asri di bagian pantai selatan Lombok ini Anda bakal dibuat takjub oleh indahnya panorama laut tanpa batas dan tebing-tebing karang. Agar lebih puas, Anda bisa menyaksikan semua itu dari sebuah menara pandang yang sepintas mirip tower listrik ini.

Photo via ayiep_darbozt2, berbagifun.com

Menara pandang yang cukup tinggi dan bertengger di bibir tebing ini dapat ditemukan di Taman Wisata Gunung Tunak. Untuk memanjatnya dibutuhkan keberanian khusus, karena hembusan angin laut yang cukup kencang lumayan menjadi tantangan tersendiri.

Photo via faztravelog.wordpress.com, Farrah Nurmalia

Selain menikmati dari atas, Anda pun dapat menyusuri area Pantai Tunak yang memiliki lansekap menawan. Ada pantai berpasir putih, hamparan rumput, dinding kapur yang kokoh, serta bukit batu berbentuk runcing yang kerap jadi incaran para fotografer.

Photo via ayiep_darbozt

Taman Wisata Alam Gunung Tunak

Lokasi: Desa Merta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah
Cara ke Sana: Dari Bandara Internasional Lombok, Anda membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan untuk tiba di lokasi. Persis di depan pintu masuk TWA Gunung Tunak Anda akan disambut oleh Pantai Bumbang yang tak kalah eloknya. Pantai Tunak lokasinya sekitar 5 kilometer dari pintu masuk. Untuk mencapai pantai, Anda bisa menggunakan motor atau trekkingKoordinat di sini.
Tiket Masuk: Rp10.000,-

9. Berendam di infinity pool yang terletak di kaki gunung: Rinjani Lodge

Berdiri di kaki Gunung Rinjani, dari balik jendela Rinjani Lodge Anda akan disuguhkan panorama menakjubkan gunung megah nan bersahaja tersebut.

Photo via diodhylan

Photo via amrazing

Dengan latar pemandangan yang sedap dipandang mata seperti ini, bersantai di infinity pool-nya tentu menjadi sebuah kemewahan tiada tara.

Tak jauh dari resort ini terdapat beberapa atraksi wisata, seperti Air Terjun Tiu Kelep dan Air Terjun Sendang Gile yang bisa ditempuh hanya 40 menit berjalan kaki.

Photo via rizazeinas

Selain itu, yang bakal jadi ‘tetangga’ Anda adalah suku asli Sasak yang bermukim di kaki bukit. Bagaimana, keren kan?

Meskipun ada di tengah pegunungan, namun bagi Anda yang tak bisa hidup tanpa internet tak perlu cemas, karena di sini tersedia akses WiFi gratis.

Rinjani Lodge

Harga mulai dari Rp826.446 per malam (Deluxe Double Room)

Lokasi: Jalan Periwisata Senaru Bayan, Senaru, Lombok Utara
Telepon: 0819 0738 4944
Website

Cek Harga di Agoda Cek harga di Booking.com 

10. Berayun dan bersantai di pantai sampai lupa waktu di Pulau Gili

Rutinitas yang padat serta ritme kerja yang yang tak ada hentinya membuat kita seolah berpacu dengan waktu.

Kalau stres sudah melanda, itu tandanya Anda harus slow sejenak dan pergi berlibur. Untuk urusan santai, rasanya tak ada yang lebih asik daripada Gili Trawangan. Apalagi di sini Anda bisa puas berayun di ayunan yang terletak di tengah lautan sampai lupa waktu.

Alangkah nikmatnya mengisi sore bersama orang yang tercinta sambil duduk di ayunan di tengah laut yang tenang dan memandangi panorama sunset. Terbayang kan betapa romantisnya?

Photo via: beflawless90

Dan sembari menunggu matahari terbenam, Anda bisa berfoto-foto sepuasnya di sini dengan berbagai gaya lalu unggah ke social media. Pasti teman-teman yang melihatnya bakal iri!

Photo via: emilieprehn

Di Gili Trawangan bukan cuma ada ayunan tengah laut saja lho. Kalau Anda mampir ke salah satu bar di sana, yaitu The Exile Gili Trawangan, selain ayunan mereka juga memiliki hammock atau buaian yang tergantung di tengah laut!

Photo via: Ellchintya

Hotel Ombak Sunset

Lokasi: Pulau Gili Trawangan. Koordinat di sini.
Telepon: 0370-644 333

Website 
The Exile Gili Trawangan

Lokasi: Pulau Gili Trawangan. Koordinat di sini.
Telepon: 0819 0722 9053

Website 

11. Menyusuri gua kelelawar berusia ratusan tahun: Gua Bangkang

Lihatlah, mirip seperti gua yang ada di film petualangan Indiana Jones, ya?

Terletak di sebuah dusun yang masih jarang terjamah oleh para wisatawan, gua ini usianya sudah ratusan tahun. Kalau ke sini, jangan lupa bawa  kamera dengan lensa fisheye atau wide angle agar Anda bisa menangkap semua sudut menarik gua.

Photo via: idolamertua

Gua Bangkang atau juga dikenal dengan nama Goa Gale-gale merupakan rumah bagi ribuan ekor kelelawar. Jadi waktu terbaik mengunjungi gua ini adalah menjelang sunset agar Anda bisa menyaksikan ribuan kelelawar mengepakkan sayapnya dan berbondong-bondong terbang meninggalkan gua.

Photo via: zoeraa

Tapi jangan lupa untuk membawa payung atau penutup kepala agar tidak terkena kotoran mereka!

Gua Bangkang

Gua Bangkang: Dusun Bangkang, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah
Cara ke Sana: Gua ini terletak di antara Pantai Kuta dan Pantai Mawun. Dari Pantai Kuta, beberapa kilometer sebelum ke Pantai Pawun, ambil belokan ke kanan tepat di papan penunjuk merah putih, lalu turuni jalanan yang berbatu. Gua ini berada di bawah bukit.
Apakah Anda pernah berkunjung ke Goa Bangkang? Kalau ya, Anda bisa bisa berbagi koordinatnya dengan kami melalui mehthesheep.com@gmail.com

12. Grand Canyon di timur Indonesia: Pantai Tebing

Ada lokasi-lokasi di muka Bumi yang sepertinya berasal dari planet lain, salah satunya adalah Pantai Tebing.

Photo via: Gustusevan

Bukit tebing menjulang tinggi yang terdapat di pantai berpasir hitam ini tampak begitu unik dan eksotis. Sepintas mengingatkan akan ngarai Grand Canyon yang ada di Amerika.

Tebing dengan tekstur yang berlekuk-lekuk laksana pahatan ini berawal dari erupsi dahsyat Gunung Rinjani Tua atau Samalas di tahun 1257 silam. Endapan awan yang membawa berbagai material lalu bertemu dengan dinginnya air laut kemudian terlontar ke daratan sehingga terbentuklah bukit di Pantai Tebing ini.

Photo via: Ndragrizzlly

Kalau Anda cukup nekat dan ingin memanjat bukit tebing ini, berhati-hatilah terhadap pijakan yang longgar dan berpotensi membahayakan.

Pantai Tebing

Lokasi: Dusun Luk, Desa Sambiq Bangkol, Kecamatan Gangga, Lombok Utara
Cara ke Sana: Tempat ini berjarak sekitar 42 km sebelah utara Kota Mataram atau kurang lebih 1,5 jam perjalanan. Anda bisa menggunakan mobil, motor atau angkutan umum. Tarif angkutan umum dari Terminal Mandalika di Mataram ke Pantai Tebing sekitar Rp25.000,- per orang. Letak pantai ini ada di belakang SMPN 2, dengan akses masuk dari jalan raya kurang lebih 200 meter. Koordinat di sini.

13. Monumen alam yang yang berdiri kokoh di tepi pantai: Batu Payung, Tanjung Aan

Keberadaan batu menyerupai menara ini terlihat sangat mencolok dibandingkan dengan sekitarnya.

Photo via agusm123

Dari arah tertentu malah tampak seperti jari raksasa yang teracung ke angkasa.

Rasanya tak mungkin untuk tak menengok saat melihat formasi alam yang luar biasa ini. Uniknya, jika dilihat dari arah berbeda, maka bentuknya pun akan ikut berubah pula. Bahkan dari satu sisi wujudnya akan menyerupai profil wajah manusia.

Photo via windarynda

Batu ini bisa Anda jumpai sekitar 1 kilometer di sebelah timur Tanjung Aan. Sepanjang perjalanan ke sana Anda dapat melihat pemandangan tebing-tebing tinggi yang dihuni oleh burung-burung dan kelelawar.

Batu Payung, Tanjung Aan

Lokasi: Jalan Kuta Lombok, Lombok Tengah
Cara ke Sana: Pantai di pesisir selatan Lombok ini bisa ditempuh dari Kota Mataram selama 2 jam. Namun jika Anda dari Bandara International Lombok, maka hanya 30 menit saja. Batu Payung dan Tanjung Aan masih berada di satu garis pantai yang sama, namun untuk menuju Batu Payung tergantung pasang surutnya air laut. Saat pasang, Anda dapat menyewa perahu dan berlayar ke sana. Namun saat surut, dari area parkir anda bisa berjalan kaki menuju Batu Payung dalam waktu 20 menit saja. Koordinat di sini.

14. Pesona alam yang terlupakan: Pantai Tanjung Bloam

Di selatan Lombok terdapat sebuah pantai yang masih jarang terjamah oleh pelancong, yaitu Pantai Tanjung Bloam.

Photo via: Herman Morrison

Daya tarik utama dari pantai berpasir putih ini adalah batu-batu karang yang ada di sekitarnya, termasuk dua buah tebing karang yang mencuat dan mengapitnya. Kontrasnya warna hitam dari bebatuan, dan warna keemasan dari tebing berpadu dengan birunya laut menghasilkan sebuah komposisi yang sungguh menawan.

Photo via: Lempok Adam

Ombak di Pantai Tanjung Bloam termasuk besar, jadi cukup berisiko untuk direnangi atau untuk selancar.

Selain bersantai di pinggir pantai, aktivitas seru lainnya adalah fotografi atau menyusuri garis pantainya yang berbatu-batu. Tapi jangan lupa untuk mengenakan alas kaki anti selip dan simpan barang bawaan Anda dalam wadah kedap air.

Photo via: Fahmieyel Tahaway

Oh ya, karena di sini juga merupakan kawasan konservasi penyu, kalau beruntung Anda bisa melihat mereka sedang merapat ke daratan!

Pantai Tanjung Bloam

Lokasi: Dusun Tangsi, Desa Temeak, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur
Cara ke Sana: Dari Kota Mataram menuju pantai ini memakan waktu 2 jam perjalanan. Sebelum mencapai Tanjung Ringgit, belok kanan ke sebuah jalan kecil. Sekitar 500 meter kemudian terdapat sebuah pendopo mini yang menandakan bahwa Anda telah tiba di kawasan Tanjung Bloam. Akses termudah memasuki pantai adalah melalui hotel Jeeva Beloam. Namun, bagi Anda yang ingin ke sana tanpa menginap di hotel bisa lewat jalur alternatif, yaitu melewati hutan jati dan mendaki bukit yang tinggi dan terjal dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Koordinat di sini.

15. Bukit Teletubbies: Pantai Selong Belanak

Jalan-jalan di sore hari  sambil menikmati pemandangan yang serba hijau tentu akan membuat pikiran kembali segar.

Photo via Debucung

Anda bisa melakukannya dalam perjalanan menuju Pantai Selong Belanak karena jalan menuju ke sana diapit oleh perbukitan hijau. Waktu terbaik untuk melihat keindahan ini adalah antara Januari hingga Mei ketika tumbuhan sedang lebat-lebatnya.

Kandungan vulkanis menyebabkan tanah dan lahan pertanian di kawasan ini menjadi amat subur, bahkan hingga menyerupai bukit di film anak-anak Teletubbies.

Photo via whynotwithkids

Mumpung di sana, sekalian mampir di Pantai Selong Belanak yang terkenal akan pasir putihnya dan bentuknya yang melengkung seperti bulan sabit. Kondisi ombaknya yang cukup ramah juga menjadikan pantai ini cocok untuk Anda yang ingin belajar surfing. Terletak tak jauh dari perkebunan tembakau dan lahan pertanian, Anda juga bisa menjumpai petani dan kerbau mereka sedang melintas!

Pantai Selong Belanak

Lokasi: Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah
Cara ke Sana: Dari Bandara Internasional Lombok, pantai ini berjarak 30 menit dan masih satu jalur dengan Pantai Mandalika atau Pantai Seger. Namun jika Anda menginap di Mataram atau Senggigi waktu tempuhnya adalah 1,5 jam. Rute yang bisa ditempuh adalah jalur bandara hingga bertemu Masjid Jami’ Penunjak lalu terus mengarah ke utara hingga ke pantai. Tidak ada angkutan umum yang sampai ke pantai ini. Anda dapat menyewa kendaraan atau menggunakan jasa travel. Biasanya pantai ini masuk pilihan dalam paket Sasak Tour. Koordinatdi sini.

16. Sumber air mukjizat: Sumber Air Panas Aik Kalak

Sumber air yang mengepulkan uap hangat ini diyakini mampu menyembuhkan encok dan penyakit kulit serta menajamkan fungsi panca indera. Warga setempat bahkan membuat obat tradisional dari air yang bersumber di sini, yaitu dengan mencampurkan santan kental untuk menyembuhkan seribu macam penyakit!

Photo via beckorastagang

Photo via trekkingrinjani

Tak hanya berkhasiat untuk kesehatan, kabarnya aliran air Aik Kalak juga dapat digunakan untuk menguji kesaktian pusaka. Pada bulan purnama, jika benda-benda pusaka, seperti keris, dicelupkan ke sini lalu menjadi lengket, berarti pusaka tersebut palsu.  Sebaliknya jika pusaka tersebut tambah bersih dan mengilap, berarti benar-benar memiliki kesaktian.

Photo via: Vinchel Budihardjo

Anda bebas untuk percaya atau tidak, namun satu hal yang pasti, berendam di sumber mata air panas ini bakal membuat penat sirna seketika. Sehingga tak heran lokasi ini jadi favorit para pendaki Gunung Rinjani, karena hanya berjarak sekitar 200 meter dari area berkemah.

Photo via lombokreisen

Bagaimana, apakah Anda ingin membuktikan sendiri keindahan dan khasiatnya?

Sumber Air Panas Aik Kalak

Cara ke Sana: Lokasi sumber mata air panas ini ada di dekat Danau Segara Anak, Gunung Rinjani. Untuk mencapai ke sini dari pos awal pendakian membutuhkan waktu sekitar satu hari trekking.

Recommended Guide: Lombok Eco Tour

Lokasi: Jl. Raya Senggigi Km. 8, Lombok Barat
Telepon: 0370 692 014 / 0818 0572 8107
Harga:   Paket Mendaki Gunung Rinjani 3 hari 2 malam
Paket Privat: Rp2.200.000,-/orang (minimal 2 orang)
Paket Group: Rp1.650.000,-/orang (minimal 6 orang)

17. Menaklukkan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia: Gunung Rinjani

Semua orang yang mengaku traveler sejati mestinya memasukkan ini ke dalam bucket list mereka: mendaki gunung berapi.

Ibaratnya seorang perokok berat, Gunung Rinjani merupakan gunung berapi aktif yang tak henti-hentinya mengeluarkan asap. Namun demikian, keindahan alam yang memukau membuat siapapun tetap tergoda untuk menaklukkannya.

Photo via trekkingrinjani

Keindahan panoramanya yang begitu luar biasa ini pula yang menjadikan Gunung Rinjani sebagai salah satu destinasi wisata alam gunung berapi paling terkenal di dunia.

Dengan tinggi menjulang hingga 3.726 meter, gunung ini juga menjadi gunung tertinggi kedua di Indonesia. Sehingga wajar saja, untuk mendakinya termasuk sangat menantang dan membutuhkan waktu setidaknya 4 hari 3 malam.

Photo via travelledpaths

Oleh sebab itu diperlukan kondisi fisik yang benar-benar prima sebelum Anda memutuskan untuk mendakinya. Ada baiknya, persiapkan diri sebelumnya dangan latihan fisik seperti berjalan kaki setidaknya 5 kilometer setiap hari agar nanti Anda tidak syok ketika menghadapi trek yang sesungguhnya.

Photo via: Asoka Remadja

Photo via: Asoka Remadja

Walaupun untuk menuju puncak bakal menguras banyak sekali tenaga dan keringat, namun pemandangan yang menyambut Anda setibanya di sana akan membuat semua lelah lenyap seketika.

Siapa yang membutuhkan hotel bintang 5 kalau di sini Anda bisa tidur di bawah milyaran bintang sambil memandangi gugusan bintang yang spektakuler?

Tip dari kami:

Waktu terbaik untuk mendaki Gunung Rinjani adalah antara April hingga Desember. Taman Nasional Gunung Rinjani akan tutup dari bulan Januari sampai Maret saat curah hujan tinggi. Meskipun terakhir meletus pada tahun 2010, namun ada baiknya jika Anda mencari informasi terlebih dahulu tentang aktivitas vulkanis dan prakiraan cuaca sebelum mendaki ke puncak. Dan satu lagi yang paling penting, jangan tinggalkan sampah Anda di atas dan bawa kantung sampah sendiri!

Photo via ady_oche

Jika Anda bukan pendaki yang handal dan sangat berpengalaman, sebaiknya untuk bergabung dengan kelompok tur. Karena selain persiapan fisik, perlengkapan yang harus dibawa pun cukup banyak. Antara lain persediaan makanan untuk 4 hari, sleeping bag, tenda dan lainnya. Opsi lain adalah menggunakan jasa pemandu yang bisa membantu Anda.

Photo via trekkingrinjani

Waspadai pula munculnya beberapa gangguan kesehatan yang mungkin timbul akibat berada di ketinggian (umumnya di 2.500 meter) di mana kadar oksigen cukup rendah, seperti mual, pusing, sakit kepala, berkunang-kunang dan lain sebagainya. Jika itu terjadi, hendaknya jangan memaksakan diri dan segera putar balik agar tidak berakibat fatal.

Temperatur udara saat di puncak bisa mencapai suhu 0°C, jadi siapkan jaket tebal dan pakaian hangat untuk dikenakan setibanya di atas. Bawalah barang bawaan yang penting-penting saja – tak mau kan harus memanggul tas seberat 10 kg selama 4 hari?

Gunung Rinjani

Lokasi: Balai Taman Nasional Gunung Rinjani, Jl. Arya Banjar Getas, Lingkar Selatan, Mataram, Lombok Barat.
Telepon: 0370-641 155

Website 


Recommended Guide: 
http://rinjanimountain.com

Lokasi: Jl. Barakuda No. 09, BTN Griya Batu Bolong, Senggigi, Lombok Barat
Telepon: 0370-692 179 / 693 949
Jam Operasionaal: 08.00 – 16.00
Harga Paket: Mulai dari Rp3.100.000,- per orang untuk 3 hari 2 malam (sudah termasuk tiket masuk kawasan Taman Nasional sebesar Rp250.000,-/hari, transportasi dari Senggigi – Sembalun/Senaru PP, perlengkapan pendakian, makanan dan minuman, asuransi, serta jasa pemandu).

18. Seperti berada di dunia Barbie: Pink Beach/Pantai Tangsi

Anda pasti selama ini menduga kalau Pink Beach atau Pantai Pink hanya terdapat di Nusa Tenggara Timur saja, kan? Pantai Pink ini adalah satu dari tujuh pantai di dunia dengan pasir berwarna pink (yang dua di antaranya ada di Indonesia!).

Sebelum dikenal dengan Pantai Pink, masyarakat menyebutnya Pantai Tangsi. Disebut Pantai Pink karena pasir pantai ini terdiri dari campuran antara pasir putih dan pasir merah yang berasal koral serta pecahan cangkang organisme laut foraminifera yang berwarna kemerahan.

Waktu paling pas untuk mengunjungi pantai yang tampak seperti dunia Barbie ini adalah dari pagi pukul 08.00 sampai petang sekitar pukul 16.00. Saat itulah bias sinar matahari memantulkan warna merah jambu yang begitu cerah dan cantik.

Photo via: 2ticketstowonderland, uniqpost, harindabama

Akses menuju ke pantai ini ada dua cara, yaitu melalui jalan darat (melalui jalanan yang rusak dan berlubang) atau lewat laut dengan menyewa perahu di pelabuhan Tanjung Luar.

Karena lokasi ini belum dikembangkan secara maksimal, maka fasilitas penunjangnya seperti warung, toilet, maupun penginapan pun nyaris tak ada.

Pink Beach/Pantai Tangsi

Lokasi: Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur.
Cara ke Sana: Pantai ini berjarak sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Mataram atau 1,5 jam dari Bandara Internasional Lombok. Pelancong dapat melewati rute Mataram – Pantai Tanjung Ringgit. Pintu masuk pantai ini sekitar 1 km sebelum memasuki kawasan wisata Pantai Tanjung Ringgit. Anda akan melihat rambu di pinggir jalan bertuliskan “Pantai Pink 50M”. Akses lain adalah melalui jalur laut di Pelabuhan Tanjung Luar dengan waktu tempuh 1 jam.  Koordinat di sini.

19. Beraksi layaknya sang penguasa samudera: Spear-fishing di Kepulauan Gili

Kalau Poseidon bisa menguasai alam bawah laut dengan trisula, maka Anda pun tak boleh kalah. Setidaknya, cobalah berburu ikan dengan cara spear-fishing atau menggunakan harpoon (senjata yang dilengkapi tombak).

Photo via: Tarquin-Cooper,indospearfishing

Seni menangkap ikan dengan tombak sendiri sudah ada sejak zaman prasejarah, tepatnya 20.000 tahun silam.

Photo via: indospearfishing

Mengapa spear-fishing dianggap lebih seru? Karena kalau kita hanya menggunakan jala atau alat pancing sifatnya lebih pasif dan membutuhkan kesabaran ekstra.

Sedangkan untuk bisa menangkap ikan dengan harpoon dibutuhkan taktik, kecekatan dan kemampuan fisik yang oke. Dari mulai mengintai, mengikuti pergerakan ikan, lalu…. melepaskan  tombak!

Photo via: Tarquin-Cooper

Meskipun metode seperti ini tergolong kuno, namun kemajuan teknologi dan kecanggihan harpoon telah sangat membantu mempermudah Anda untuk membawa pulang ikan untuk disantap.

Spear-fishing di Kepulauan Gili

Lokasi: Freedive Gili, Jl. Lestari, Gang Manalagi VIII No.2, Pejeruk Bangket, Ampenan, Lombok Barat
Telepon: 08123 7824 505
Harga:Full Day Fun Trip: USD 175 untuk 2 orang
Full Day Extreme Trip: USD 300 untuk 2 orang (sudah termasuk makan siang, sewa perahu, dan pemandu)
Info Tambahan: Spear-fishing di perairan Gili Trawangan adalah aktivitas yang sangat menantang dan biasanya sampai di kedalaman lebih dari 20 meter. Oleh karena itu sangat disarankan ini dilakukan oleh mereka yang sudah berpengalaman diving hingga 20 meter.

Website Facebook 

20. Berburu harta karun di dasar laut: Bounty Wreck Dive

Yang Anda lihat ini bukanlah puing dari kapal karam yang megah, melainkan sebuah kapal kecil bernama “Bounty”.

Photo via: southseanomads

Kapal ini dulunya adalah milik dari Bounty Resort di Gili Meno yang telah lama tenggelam beserta benda-benda yang terdapat di dalamnya. Bangkainya kini telah dipenuhi koral dan ikan warna-warni sehingga jadi spot diving favorit.

Karena lokasinya yang tidak terlalu dalam, penyelam pemula pun bisa ikut menikmati keindahan bawah laut yang begitu eksotis ini. Tak jauh dari reruntuhan ini juga terdapat terumbu karang dengan ukuran 12 meter hingga 20 meter yang seru untuk dieksplor.

Photo via: Randi-Ang,mpzproductions

Kepulauan Gili (Gili Air, Gili Meno, Gili Trawangan) sudah sejak lama dikenal sebagai lokasi diving terbaik di dunia. Selain puing Bounty, di sekitar perairan Gili Anda juga bisa menjumpai puing-puing kapal Jepang dari zaman Perang Dunia II!

Bounty Wreck Dive

Recommended Guide: Trawangan Dive ResortLokasi: Main Beach Road, Gili Trawangan, Lombok
Telepon: 0370-614 9220
Jam Operasional: 09.00 – 14.30
Harga: Rp490.000,- per penyelaman (sudah termasuk perlengkapan dan pemandu) | Biaya tambahan sebesar Rp50.000,- per penyelam untuk donasi ke Gili Eco Trust

21. Panorama matahari terbenam paling romantis di Lombok: Sunset di Pantai Senggigi

Saking indahnya pantai ini, penulis legendaris tanah air Mira W. pun terinspirasi untuk membuat novel berjudul Segurat Bianglala di Pantai Senggigi. Suasana pantai yang begitu elok dan alami ini pun menjadi lokasi paling ideal untuk menikmati sunset.

Photo via: itaichsaniamran

Dari sini, ketika senja tiba Anda bisa memandang siluet gunung tertinggi di Pulau Bali, Gunung Agung, yang tampak bersahaja di kejauhan.

Photo via iwan_sumantra

Sebagai tempat wisata paling popular di Lombok, di kawasan Pantai Senggigi ini Anda tak bakal kesulitan mencari bar untuk bersantai di sore hari menikmati panorama sunset sambil ditemani semilir angin dan segelas cocktail.

Pantai Senggigi

Cara ke Sana: Pantai ini berjarak sekitar 20 menit di arah utara Kota Mataram. Kalau Anda dari Bandara Internasional Lombok, terdapat layanan bis Damri Bandara Lombok dengan tujuan langsung ke Senggigi dengan waktu tempuh sekitar 1,5 – 2 jam. Biayanya sebesar Rp35.000,-  Koordinat di sini.

22. Danau vulkanik berselimut mitos: Danau Segara Anak

Secara harafiah, nama Segara Anak berarti anak laut, karena warna air dari danau yang terdapat di kaldera Gunung Rinjani ini berwarna biru seperti air laut.

Photo via Asoka Remadja

Di balik pesonanya, danau indah ini juga menyimpan sebuah mitos. Konon, jika danau ini tampak luas ketika Anda melihatnya secara langsung maka diyakini usia Anda akan panjang. Sebaliknya, jika danau ini terlihat kecil maka itu pertanda Anda akan berumur pendek.

Bagaimana, ingin melihat masa depan Anda?

Mitos tersebut hanyalah satu dari sekian mitos yang menyelimuti danau seluas 1,1 hektar  yang terletak di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut ini.

Terlepas dari benar atau tidaknya, duduk berselonjor di tepi danau yang tenang dan sejuk ini sambil menyeruput minuman hangat setelah lelah mendaki berjam-jam, pasti akan membuat semua rasa gundah dan letih sirna seketika.

Satu hal lagi yang menjadikan tempat ini istimewa adalah adanya sebuah gunung berapi aktif di tengah-tengah danau yang diberi nama Gunung Baru Jari yang memiliki ketinggian 2.376 meter di atas permukaan laut.

Untuk mencapai danau kawah di sisi barat Gunung Rinjani ini Anda harus menempuh setidaknya 8-10 jam berjalan kaki dari pos pendakian senaru.

Danau Segara Anak

Lokasi: Balai Taman Nasional Gunung Rinjani, Jl. Arya Banjar Getas, Lingkar Selatan, Mataram, Lombok Barat.
Telepon: 0370-641 155
Cara ke Sana: Dari Kota Mataram menuju Desa Senaru, yang jadi titik awal pendakian Gunung Rinjani berjarak sekitar 2,5 jam perjalanan.

Website 


Recommended Guide: 
Rinjani National Park

Telepon: 0370-660 8874
Harga: USD 350/pax (Rinjani Lake Segara Anak 3 Days 2 Nights Package)
Tiket Masuk: Rp250.000,- per hari

23. Menyelami kehidupan 5.000 tahun sebelum Masehi: Desa Bayan Sasak

Anda tak perlu susah payah menciptakan mesin waktu untuk bisa mengetahui kehidupan di masa lalu. Di Lombok sini, tepatnya di desa yang dihuni suku asli Sasak, suasana dan rutinitas masyarakatnya persis sama seperti 5.000 tahun sebelum Masehi.

Photo via antha_hariyadi, tikprive

Meskipun lingkungan di sekitar kawasan desa ini sudah tersentuh oleh modernisasi, namun masyarakat yang bermukim di sini masih setia menjalani gaya hidup yang diturunkan sejak ribuan tahun silam. Desa yang paling tua bisa ditemukan di kaki Gunung Rinjani, yaitu Desa Bayan yang letaknya tak jauh dari resort Rinjani Lodge.

Photo via tikprive

Semua bangunan menyerupai lumbung padi yang menjadi tempat tinggal masyarakat ini seluruhnya dibuat dari bahan-bahan alami, sama seperti di abad ke-17. Dindingnya dari campuran antara tanah lempung dan kotoran sapi, sedangkan atapnya menggunakan ilalang. Bagi masyarakat Suku Sasak, rumah adalah properti yang  sangat pribadi, oleh karena itu jika mengunjungi desa ini Anda harus menjaga sopan santun.

Photos by: jihaarifin,littlebeni

Tempat lain di mana Anda bisa melihat kehidupan suku asli Sasak adalah di Desa Sade yang terletak di Kuta, Lombok. Desa yang satu ini sudah dikelola menjadi destinasi wisata, sehingga warganya jauh lebih terbuka terhadap wisatawan. Sambil berkunjung, Anda pun bisa belanja kerajinan tangan setempat atau belajar menenun kain tradisional Sasak.

Desa Bayan Sasak

Cara ke Sana:  Agar sampai di tujuan, Anda bisa menggunakan motor atau mobil. Jarak tempuh perjalanan dari Mataram ke Bayan sekitar 3-4 jam. Ada dua pilihan jalur menuju Bayan, melewati Sengigi atau Pusuk.Jika lewat Senggigi, maka sepanjang jalan Anda bisa menikmati suasana pantai. Sedangkan jika melewati Pusuk, Anda bisa menikmati pemandangan hutan. Koordinat di sini.

24. Bangunan suci di atas batu karang: Pura Batu Bolong

Tempat ibadah umat Hindu yang terletak di atas bukit karang memang selalu menjadi daya tarik tersendiri.

Photo via fransbond

Seperti namanya, pura ini berdiri di atas sebuah batu hitam besar dan berlubang yang terdapat di kawasan Pantai Senggigi.

Photo via snaebyllej2, asiavistas

Meskipun berukuran kecil, namun Pura Batu Bolong menjadi salah satu tempat suci bagi umat Hindu yang mendiami Lombok. Pura ini terdiri dari dua bagian, pertama adalah Pura Ratu Gede Mas Mecaling yang berada di bawah pohon dekat gapura; sedangkan satu lagi ada di bagian ujung menjorok ke arah laut.

Posisi pura sengaja ini dibangun menghadap Selat Lombok, tepatnya ke  arah Gunung Agung di Pulau Bali yang dianggap tempat tinggal para dewa